06
Jan
10

arema,…. cinta tiada akhir

cinta tiada akhir…untuk arema

2 hari yang kelabu bagi arema dan aremania. Kekalahan melawan persik pada laga home ajang Indonesia Super League senin, 2 februari 2009 kemaren masih saja menyisakan awan gelap bagi aremania, sampai hari ini. Lihat saja status2 YM para aremania cyber, yang selalu menyisipkan waktu2 kerjanya dengan mereview perkembangan arema, ada yang tetep semangat, ada yang mengingat2 kejayaan arema dulu, ada yang (biasaa…) misuh2, ada yang pasrah… hmm… semua bereaksi, negatif dan positif.
Saya? Disela ribetnya mempersiapkan rencana audit ISO di kantor, masih mupeng ingin memberikan subyektifitas saya, pada nawak2 aremania tentu saja…

Wajarlah aremania misuh2, kecewa. Derasnya hujan ga membuat semangat mereka mengendur. Mepetnya jam pulang kerja juga ga jadi alasan buat ga dateng ke kanjuruhan. Dan sederet pengorbanan aremania2 lain demi melihat pertandingan home pertama arema, apalagi melawan persik dibayar dengan kekalahan..
Malam itu saya sempet was2, lawan persik jeehh… Kisruh lagi kah?

Salut sekali lagi untuk aremania. Meski memendam kecewa yang begitu dalam, meski malu, meski merasa bertepuk sebelah tangan, pertandingan malam itu berakhir damai. Ga ada anarki… dan arema serta aremania mengakui kekalahan hari itu. Mengakui permainan macan putih yang lebih edan melebihi skuad singo edan … saya sangat bangga dan salut dengan hal itu. Ternyata aremania memang sudah jauh lebih dewasa dan banyak belajar dari kesalahan masa lalu.

Kekalahan ini ga dilampiaskan lagi dengan cara2 primitif, tapi mereka produktif membahas kelemahan2 arema di milis dan forum2 arema. Ada banyak usulan dan saran yang disampaikan aremania baik melalui milis maupun media2 online arema. Semuanya menunjukkan semangat mendukung arema yang ga pernah mati, dan kemajuan yang cukup membanggakan.. heeeyyy… aremania pinter nulis sekarang. Mereka tau cara mengapresiasikan kekecewaan, harapan, kritikan yang lebih ampuh dan jitu, yang lebih terkontrol dan ga merugikan orang lain maupun arema sendiri seperti yang sudah2… two thumbs up, Ker!!

Yang menarik bagi saya, ada nawak yang mengatakan cinta aremania bertepuk sebelah tangan. Keharmonisan arema dan aremania seperti saat menjuarai 2 kali berturut2 laga Copa Indonesia kini menjadi impian yang semakin menjauh. Rindu gelar? Yapz! Nawak singo edan mana yang ga rindu euforia kemenangan itu?
Tapi buat saya, cinta ini bukan bertepuk sebelah tangan. saya merasa, arema juga ingin menghadiahkan yang terbaik bagi pasangan sejatinya, aremania. Saya rasa mereka juga telah berjuang sekuat tenaga untuk bisa solid melibas lawan2 tangguhnya. Lihat saja persaingan mendapatkan pemain2 yang sesuai dengan karakteristik arema kemaren, yang kabarnya sang pelatih sampai rela mengorbankan uang pribadinya, meski gagal terjadi. Lihat saja semangat Pato yang selalu ingin memberikan penampilan terbaik bagi tim dan aremania.
Lihat juga penampilan tim, meski banyak menuai kritik, tampil tanpa pola yang jelas, saya rasa itu adalah bagian dari proses penyesuaian dengan tim yang baru. Ada beberapa pemain baru, yang membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan pola permainan keras khas singo edan. Tampil dihadapan ribuan aremania juga tentu saja menjadi tantangan tersendiri… just need a lil’ time, saya yakin performa arema bisa membaik. Tentang manajemen yang memutuskan untuk menurunkan target juara dan hanya ingin memberikan yang terbaik bagi pendukung setia arema, yapz.. mencoba realistis ya… ga usah muluk2 dulu. Perbaikan kinerja itu yang terpenting. Dan perjuangan kearah itu telah tampak.

Apapun targetnya, apapun hasilnya, toh aremania sudah berikrar untuk selalu setia mendukung arema. Ga bisa berpindah ke lain hati. Harapannya, arema juga melakukan hal yang sama, bisa membalas segala perhatian dan kesetiaan aremania. Merespon semua penantian perbaikan langkah arema, bersikap jujur dan gentle pada aremania.. iya… arema dan aremania pasti bisa menjadi pasangan yang sehidup semati, pasangan yang abadi. Dan suatu saat pasti bisa bersama2 lagi merayakan kemenangan mereka, merayakan kemenangan penyatuan hati yang sulit dimiliki klub manapun… fanatik boleh, tapi sudahkah anda bersikap loyal seperti aremania pada arema?* Hehehe… aremania tetap mendukungmu, singoku…

Ayo, rek. Ganti status YM’e.. sing semangat ngunu loh… ojo melu ngglembosi*

Iklan

1 Response to “arema,…. cinta tiada akhir”



Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 118.602 hits

Komentar Terbaru

banxit23 di arema,…. cinta tiada…
Januari 2010
M S S R K J S
« Des   Feb »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
Iklan

%d blogger menyukai ini: