28
Sep
10

Di Balik Harta Kita Ada Hak Mereka

Di Balik Harta Kita Ada Hak Mereka

Minggu, 26 September 2010 10:59:04

LK ESQ
Di Balik Harta Kita Ada Hak Mereka

Berbekal keyakinan dan niat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita, LK ESQ (Lembaga Kemanusiaan ESQ) mengadakan bakti sosial. Mereka yang membutuhkan uluran tangan kita adalah saudara-saudara kita yang terbaring lemah di Rumah Sakit.

Selasa-Kamis (7-9/9), Komunitas Peduli Uswatun Hasanah yang tergabung dalam relawan LK ESQ mengadakan bakti sosial di bulan Ramadhan. Ada lima Rumah Sakit yang dikunjungi, diantaranya; Fatmawati, Budhi Asih, Marinir Cilandak, Umum Daerah Pasar Rebo, Persahabatan, dan RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo).

Saudara-saudara kita yang kini terkulai lemah membutuhkan kepedulian kita, kebanyakan menderita sakit stroke, tumor, kanker, gagal ginjal, kelainan darah (Leukimia), usus buntu, diabetes, bahkan sampai HAIV AIDS. Fokus bantuan diberikan kepada mereka yang memiliki SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) dan Jamkesmas (Jaminan Kesehatan Masyarakat). Bantuan yang diberikan berupa santunan uang tunai dan sembako (Sembilan Bahan Pokok).

Koordinator Relawan LK ESQ, Gunawan yang juga memprakasai baksos ini mengatakan, kegiatan ini untuk memberikan kebahagiaan kepada mereka menjelang hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1431 H. Mendekati momen lebaran seharusnya bukan menjadi sebuah beban bagi mereka. Sebenarnya mereka tidak menginginkan merasakan sakit, tapi dibalik harta yang kita punya ada hak untuk mereka.

Harta adalah amanah dari Allah yang harus dipertanggungjawabkan. Di balik harta melimpah, ada tanggung jawab dan amanah kita yang mesti ditunaikan. Harta yang tidak dinafkahkan di jalan Allah akan menjadi kotor, karena telah bercampur bagian halal yang merupakan hak pemiliknya dengan bagian haram yang merupakan hak anak yatim dan dhuafa, kaum fakir, miskin, dan orang-orang yang kekurangan lainnya.

Dijelaskan dalam QS. Adz Dzariyat ayat 19, “Dan pada harta-harta mereka ada hak untuk orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak mendapatkan bagian.”

Kondisi yang dialami mereka sangatlah memprihatinkan. Mereka tergolong dari keluarga yang tak mampu, apalagi ditambah dengan perawatan sehari-hari di rumah sakit, tentunya hal ini semakin menambah beban. Mereka selalu berpikir, bagaimana melunasi tagihan biaya perawatan dari rumah sakit. Namun, setidaknya apa yang kita lakukan ini dapat mengurangi beban bagi mereka.

Kepala Divisi Pemberdayaan LK ESQ, Thesiana Budisetianti menuturkan, ketika kita semua sedang menyambut hari kemenangan, ingin berkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat, tapi mereka berada terbaring di rumah sakit. Kita akan mencoba fokus untuk mereka, seperti membantu dalam hal pengobatannya dan bekerjasama dengan lembaga kemanusiaan yang konsen di bidang kesehatan.

“Sekarang kita sedang memberikan perhatian yang lebih kepada pasien-pasien dhuafa,” pungkas Thesiana.

Terlihat raut wajah mereka yang senang dengan kehadiran tim relawan dan juga turut serta mendoakan para relawan LK ESQ. Hal ini dapat dimaklumi, karena tak banyak orang yang masih peduli dengan keberadaan mereka di rumah sakit. Mereka pun sangat berharap bisa kembali sehat seperti semula.

Gunawan menambahkan, perjuangan yang dialami tim relawan LK ESQ tidaklah mudah. Kala itu kondisi cuaca yang tak mendukung dikarenakan hujan yang sangat lebat selama perjalanan. Namun, tekad tulus membantu saudara-saudara kita sedang terkulai lemah tidak menjadikan hujan lebat menjadi penghalang.

“Cobaan teman-teman relawan di lapangan. Pertama, bulan puasa dan kedua, cuaca hujan yang sangat lebat. Bahkan ketika malam takbiran masih berada di jalan mencari orang-orang yang harus dibantu,” ungkap Gunawan.

Apa yang dilakukan LK ESQ merupakan pengaplikasian salah satu dari nilai 7 Budi Utama ESQ, yaitu “Peduli”. Momentum di bulan Syawal ini waktu yang tepat bagi kita memperbanyak shadaqoh dan zakat maal (Zakat harta), terutama kepada anak anak yatim, piatu, dan dhuafa, juga kepada fakir miskin yang lemah tak berdaya di Rumah Sakit.

Tak cukup sampai disini, baksos akan terus berjalan selama masih ada saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita. Mudah-mudahan kita tergolong orang-orang yang pandai menyikapi harta benda yang diberikan Allah SWT. Semoga Allah memberikan kelapangan dan kemudahan disetiap urusan kita.

Dijelaskan di dalam QS. At Taubah ayat 103, “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendo`alah untuk mereka. Sesungguhnya do`a kamu itu (menjadi) ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

LK ESQ menerima para donatur yang bersedia membantu biaya pengobatan mereka yang membutuhkan uluran tangan kita. Informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Kepala Divisi Pemberdayaan LK ESQ, Thesiana Budisetianti di nomor 021-99650203. (tino)

Iklan

0 Responses to “Di Balik Harta Kita Ada Hak Mereka”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s


Blog Stats

  • 112,288 hits

Komentar Terbaru

banxit23 di arema,…. cinta tiada…
September 2010
M S S R K J S
« Mar   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Iklan

%d blogger menyukai ini: