28
Sep
10

Aspirin Dosis Tinggi Redakan Migrain

Aspirin Dosis Tinggi Redakan Migrain

Minggu, 26 September 2010 08:46:07

wordpress
Aspirin Dosis Tinggi Redakan Migrain

Aspirin atau asam asetilsalisilat (asetosal) adalah sejenis obat turunan dari salisilat yang sering digunakan sebagai senyawa analgesik (penahan rasa sakit atau nyeri minor), antipiretik (terhadap demam), dan anti-inflamasi (peradangan). Aspirin juga memiliki efek antikoagulan dan dapat digunakan dalam dosis rendah dalam tempo lama untuk mencegah serangan jantung.

Kepopuleran penggunaan aspirin sebagai obat dimulai pada tahun 1918 ketika terjadi pandemik flu di berbagai wilayah dunia. Awal mula penggunaan aspirin sebagai obat diprakarsai oleh Hippocrates yang menggunakan ekstrak tumbuhan willow untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Kemudian senyawa ini dikembangkan oleh perusahaan Bayer menjadi senyawa asam asetilsalisilat yang dikenal saat ini.

Aspirin adalah obat pertama yang dipasarkan dalam bentuk tablet. Sebelumnya, obat diperdagangkan dalam bentuk bubuk (puyer).

Menurut penelitian terbaru yang diadakan di UCSF Headache Center, aspirin dalam dosis tinggi mampu meredakan rasa nyeri sebelah di kepala akibat serangan migrain. Hal itu terbukti melalui sebuah uji coba dengan meminta para partisipan penderita migrain meminum aspirin. Terbukti, setelah melalui 25 persen tahap pengobatan, mereka melaporkan sakit kepala mereka berkurang hingga 40 persen secara bertahap.

Aspirin merupakan obat tidak mengandung zat racun, tidak menyebabkan ketagihan, dan bukan obat penenang. Selain itu, efek sampingnya pada orang dewasa tergolong minim dan harganya terbilang lebih murah ketimbang obat lain seperti triptan yang biasa diresepkan dokter kepada para penderita sakit kepala sebagai pereda rasa nyeri kronis.

Untuk menyukseskan uji coba aspirin terhadap para partisipan, para ahli pertama-tama melakukan perubahan dengan mengadakan program rawat inap di rumah sakit sehingga perkembangan para partisipan dapat terus dipantau para ahli neurologi dan para spesialis rasa nyeri. Hasil uji coba pun menunjukkan bahwa aspirin dalam dosis tinggi mampu membantu para partisipan penderita migrain mengatasi rasa nyeri di kepala.

Meski begitu, para ahli mengakui diperlukan penelitian lebih lanjut guna memahami berapa dosis aspirin yang tepat dalam khasiatnya mengurangi sakit kepala akibat migrain. Namun, hasil penelitian ini memberikan sumbangsih kepada pada ahli neurologi atau saraf yang dapata membantu mereka menemukan perawatan yang lehih efektif dan murah terhadap penderita migrain ketimbang berbagai tawaran pengobatan alternatif. (mi/git)

Iklan

0 Responses to “Aspirin Dosis Tinggi Redakan Migrain”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 118.602 hits

Komentar Terbaru

banxit23 di arema,…. cinta tiada…
September 2010
M S S R K J S
« Mar   Okt »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Iklan

%d blogger menyukai ini: