31
Mar
10

MENGAPA MANUSIA BEROLAHRAGA?

MENGAPA MANUSIA BEROLAHRAGA?
Ingin hidup sehat,meraih prestasi, tuntutan organisasai/lembaga.
Alasan Mengapa Harus Berolahraga

American College of Sports Medicine mengumumkan, hanya 70 persen orang yang mampu mempertahankan niatnya untuk rajin berolahraga. Sisanya tidak berhasil mempertahankan niat, karena berpikir melakukan olahraga hanya untuk mengecilkan lingkar pinggang.
Alasan Sehat, yaitu
1.Meningkatkan daya ingat
Pertambahan usia menjadi salah satu faktor naiknya kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunnya kadar kolesterol baik (HDL). Cara terbaik untuk menjaga agar kadar LDL tetap rendah adalah dengan mengonsumsi makanan rendah lemak jenuh. Sementara itu, untuk meningkatakan kadar HDL, lakukanlah olahraga. Fakta tersebut didukung oleh penelitian di Denmark pada tahun 2007 terhadap 835 pria yang rutin berolahraga. Kadar kolesterol baik para responden diketahui selalu tinggi.
2.Menurunkan trigliserida
Studi yang dipublikasikan tahun 2007 oleh para peneliti dari University of Minnesota menyebutkan aktivitas fisik yang dilakukan secara reguler efektif menurunkan tekanan darah.
3.Menurunkan kolesterol
Para pakar menegaskan olahraga termasuk kegiatan yang penting agar fungsi otak maksimal. Olahraga bisa meningkatkan asupan oksigen dalam darah dan merangsang produksi senyawa kimia di otak yang bermanfaat mempertajam daya ingat.
4.Kondisi pembuluh darah lebih baik
Untuk merespon kebutuhan oksigen dalam tubuh, pembuluh darah haruslah fleksibel atau mudah membesar. Merokok, endapan kolesterol, dan proses penuaan menyebabkan pembuluh darah mengeras dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Berbagai studi menunjukkan olahraga bisa membantu menjaga kemampuan pembuluh darah untuk terbuka dan berkontraksi sesuai kebutuhan fisik tubuh.
5.Menguatkan tulang
Berlatih angkat beban, keseimbangan, lakukan untuk mengurangi risiko tulang keropos.atau jalan kaki merupakan jenis-jenis latihan yang bisa kita
6.Panjang umur
Sebuah penelitian yang dilakukan di tahun 2004 di Finlandia terhadap 15.853 pria berusia 30-59 tahun selama 20 tahun menemukan, mereka yang aktif secara fisik lebih sedikit yang terkena penyakit jantung dan meninggal dunia selama periode penelitian berlangsung

Read more: http://doktersehat.com/2009/11/24/10-alasan-sehat-untuk-terus-berolahraga/#ixzz0isdFLpo7

Alasan meraih prestasi yaitu, demi mendapatkan/mempertahankan suatu gelar atau tuntutan dari team/club seseorang berolahraga dengan keras dan berbobot agar tercapainya suatu prestasi dalam tingkatan tertentu.
MOTIVASINYA?
Motivasi dapat didefinisikan sebagai suatu kekuatan dalam diri seorang individu yang memaksa individu tersebut untuk melakukan suatu aksi. Kekuatan yang memaksa itu terjadi karena adanya suatu kebutuhan yang belum terpenuhi dan baik secara sadar maupun tidak sadar, akan mencoba untuk memenuhi kebutuhan tersebut
Motivasi berolahraga bagi anak – anak, remaja, dan para orang tua yang tidak mempersiapkan diri untuk pertandingan antara lain :
1) Untuk dapat bersenang – senang dan mendapat kegembiraan
2) Untuk melepaskan ketegangan psikis
3) Untuk mendapatkan pengalaman
4) Dapat berhubungan dengan orang lain (mencari teman)
5) Untuk kepentingan kebanggaan kelompok
6) Untuk memelihara kesehatan badan
7) Untuk keperluan kebutuhan praktis sesuai pekerjaannya.
Menurut Singer (1984) meskipun anak – anak yang satu bebeda dengan anak – anak yang lain, namun Michael Passer, seorang psikolog olahraga dikalangan pemuda atas hasil penelitiannya adalah menunjukkan adanya indikasi enam kategori utama motif – motif yang menumbuhkan minat anak – anak berpartisipasi dalam program – program olah raga yaitu :
1) Untuk mengembangkan keterampilan dan kemampuan.
2) Untuk berhubungan dan mencari teman.
3) Untuk mencapai sukses dan mendapat pengakuan.
4) Untuk latihan dan menjadi sehan dan bugar.
5) Untuk menyalurkan enersi.
6) Untuk mendapatkan pengalaman penuh tantangan dan yang mengembirakan.

Lebih lanjut Singer menegaskan bahwa motivasilah yang mendorong seseorang mencapai tujuan, dan selalu berusaha melakukan sesuatu dengan sebaik – baiknya. Beberapa pendekatan yang dilakukan para orang tua dan pelatih terhadap atlit, oleh singer dikelompokkan dalam bentuk – bentuk
1) Pemberian penghargaan 3) Ancaman – ancaman
2) Hukuman – hukuman 4) Pengakuan.

Iklan

0 Responses to “MENGAPA MANUSIA BEROLAHRAGA?”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Blog Stats

  • 118.602 hits

Komentar Terbaru

banxit23 di arema,…. cinta tiada…
Maret 2010
M S S R K J S
« Feb   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
Iklan

%d blogger menyukai ini: