16
Des
09

ancaman bagi anggota dprd

Ancam Pidanakan Pimpinan DPRD
Polemik Komisi di DPRD Kian Memanas

SITUBONDO – Polemik seputar komisi-komisi di DPRD Situbondo makin memanas. Setelah FKNU mengajukan gugatan ke Pengadilan Negeri (PN), kini pimpinan DPRD terancam dipidanakan. Ancaman pidana muncul jika pimpinan DPRD ngotot membentuk keanggotaan baru di komisi-komisi diluar yang sudah diumumkan pada 01 Oktober 2009 lalu.

Ancaman itu tersirat dalam surat yang dikirimkan Wakil Ketua DPRD Dadang Wigiarto 15 Oktober lalu kepada pimpinan dan Sekretaris DPRD Situbondo. Politisi asal FKNU itu menegaskan dirinya tidak akan bertanggung jawab jika di kemudian hari ada pihak-pihak yang mengkriminalkan keputusan DPRD sebagai tindak pelanggaran pidana korupsi.

Korupsi yang dimaksud Dadang terkait dengan fasilitan dan hak keuangan yang akan diterima para pimpinan komisi yang dinilainya dibentuk dari hasil proses yang melanggar hukum dan/atau menyalahgunakan wewenang yang dapat merugikan keuangan negara.

Dikonfirmasi melalui telepon selulernya Dadang membantah jika surat yang dikirimkan dianggap sebagai ancaman. “Itu surat pemberitahuan saya saja atas nama Wakil Ketua DPRD. Saya tidak mau ikut bertanggung jawab karena saya orang yang tidak menyetujui pembentukan keanggotaan baru pada komisi-komisi di luar yang sudah diumumkan pada 1 Oktober 2009,” terangnya.

Menurut Dadang, dalam suratnya itu dirinya juga sudah meminta kepada pimpinan DPRD agar menahan diri untuk tidak melakukan pemaksanaan sepihak pembentukan keanggotaan baru komisi. “Sebab itu akan menjebak kepada keadaan yang makin rumit. Saya kira, melakukan komunikasi politik, itu jauh lebih penting,” sarannya.

Kata dia, menafikan kekuatan FKNU dan Fraksi Karya Nurani (Fraksi Gabungan Partai Golkar dan Hanura) yang melebihi tiga perempat jumlah anggota DPRD akan menjadi potensi terganggunya penetapan peraturan daerah maupun APBD. “Sejak awal sudah saya sampaikan pentingnya komunikasi politik itu. namun tak ada yang merespon,” terangnya.

Sementara itu, ditundanya pelaksanaan sidang gugatan di Pengadilan Negeri (PN) Situbondo beberapa waktu lalu disesalkan FKNU. Fraksi pemilik kursi terbanyak kedua setelah PPP itu menilai penundaan sidang lebih disebabkan ketidakseriusan Ketua maupun Pimpinan DPRD untuk menyelesaikan masalah polemik pembentukan komisi DPRD.

Ketua FKNU H. Lailul Iham mengungkapkan, sidang perdana gugatan FKNU ditunda karena pimpinan DPRD tidak bisa hadir lantaran harus menghadiri kegiatan lain. “Kita sangat menyesalkan ini. Sebab, kegiatan itu di-setting oleh Pimpinan DPRD,” katanya kepada RaBa, kemarin.

Menurut dia, pemberitahuan sidang sudah diterima oleh para pihak sekitar 16 Oktober lalu bahwa sidang akan digelar pada 21 Oktober. Namun pada 18 Oktober, Ketua DPRD tiba-tiba mengumumkan jika anggota DPRD harus mengikuti work shop selama beberapa hari. “Jadi jadwal dibenturkan dengan pelaksanaan sidang sehingga para pihak tidak bisa hadir. Kenapa tidak menyesuaikan dengan jadwal sidang saja karena pemberitahuanya lebih dulu diterima. Jadi indikasi untuk mengulur-ulur sidang sangat jelas,” tandas politisi asal Asembagus tersebut.

Lailul mengatakan, sidang lebih cepat dilaksanakan sebenarnya akan lebih baik. Sebab, akan cepat mendapat kepastian hukum. Sehingga, DPRD secepatnya bisa kembali berkonsentrasi menjalankan fungsinya. “Jadi kita selaku penggugat sangat menyesalkan penundaan waktu sidang ini,” imbuhnya.

Narwiyoto, salah seorang pimpinan DPRD Situbondo mengungkapkan, secara pribadi dirinya menghargai sikap dan sudat pandang FKNU dan FKN dalam menyikapi soal pendistribusian anggota di komisi-komisi. “Namun saya kira yang jauh lebih panting saat ini adalah bagaimana kita lebih konsentrasi pada tugas untuk kepentingan masyarakat Situbondo,” katanya.

Apalagi, kata politisi PDIP itu, dalam waktu yang tidak lama lagi DPRD Situbondo akan membahas APBD 2010. Itu baru bisa dilakukan jika alat kelengkapan DPRD sudah terbentuk. “Tapi saya optimistis semuanya akan berakhir baik,” ungkapnya.

Iklan

0 Responses to “ancaman bagi anggota dprd”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s


Blog Stats

  • 112,288 hits

Komentar Terbaru

banxit23 di arema,…. cinta tiada…
Desember 2009
M S S R K J S
« Nov   Jan »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
Iklan

%d blogger menyukai ini: